RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Sekolah : SMAN 2 Pinrang
Mata pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok : Karakteristik lapisan-lapisan Bumi
Alokasi Waktu : 3 X 45’ (1 X Pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. mengenal dan memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan lithosfer
2. mendeskripsikan tentang karakteristik lapisan-lapisan bumi
3. memahami dinamika litosfer dan dampaknya
4. berpikir logis, kritis, rasa ingin tahu, kolaboratif dan terampil memahami fenomena geografi di lingkungannya
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan (20’)
1. Memberi salam, berdo’a dan mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
2. menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
3. menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan; dan
4. menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
Kegiatan Inti (100’)
1. Peserta didik diberikan stimulant tentang karakteristik lapisan-lapisan bumi
2. Setelah melihat stimulan, peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan
3. Peserta didik dibagi ke dalam 4 kelompok dengan 4 tema sesuai kelompok pertanyaan
4. Setiap kelompok mencari penjelasan sesuai tema pada buku teks, modul dan internet
5. Setiap kelompok membuat ringkasan dari diskusi kelompok
6. Setiap kelompok membuat presentasi dalam power point memuat materi dan klasifikasi/Gambar/ video dan Kesimpulan
7. Hasil kerja kelompok dipresentasikan, kelompok lain memberi tanggapan
8. Guru menyelaraskan kesimpulan dan materi setelah presentasi setiap kelompok
Kegiatan Penutup (15’)
1. membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
2. melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan;
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
4. mempersiapkan diri untuk materi yang akan datang
C. PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi
Pengetahuan : Tes Tertulis, Mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan karakteristik lapisanlapisan bumi
Keterampilan : Unjuk kerja
Lampa, Januari 2020
Guru Mata Pelajaran,
Drs. Muhammad Adam, M.Pd.
NIP 19680502 199103 1 016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar